Jumat, 20 April 2012

eKTP vs Kartu INAFIS

Apa itu e-KTP? Apa itu Kartu INAFIS? Saya tidak banyak tahu, keduanya sekalipun!. Karena sampai saat ini (21 April 2012) saya belum punya e-KTP, apalagi kartu INAFIS.

Kalau menurut dugaan saya, keduanya tidak jauh berbeda cuman di tujuannya saja! Yang satu untuk kepentingan administrasi kependudukan di Kemendagri, dan yang satunya lagi untuk kepentingan pelacakan untuk kepentingan POLRI. Apakah sebenarna tidak bisa digabung? Kalau itu tinggal masalah koordinasi semata. Kalau mau ditangani Kemendagri, POLRI tinggal "pesan" kepada Kemendagri: data-data apa saja yang perlu ditambahkan untuk mengakomodir kepentingan POLRI. Kalau sudah sedemikian POLRI bisa konsentrasi penuh menangani tugas-tugasnya yang keteteran tertangani dikarenakan minimnya aparat POLRI dibanding jumlah penduduk RI yang sangat begitu besar. Atau kalau mau ditangani POLRI, Kemendagri tinggal "pesan" data apa kepada POLRI, beres! Tapi kalau melihat saat sekarang, dimana e-KTP sudah berjalan, ya...sudah terlambat.

Mengapa bisa terlambat? Itulah Indonesia: kalau bisa diperlambat, kenapa harus cepat-cepat? Kalau bisa dibuat repot, kenapa harus lancar?????

Tidak ada komentar:

gara-gara akik

Jagoan ketigaku umurnya 8 tahun, kelas 2 Sekolah Dasar. Baru menyenangi akik yang saya beli di Martapura, sewaktu saya pulang bertugas dari ...