Jumat, 03 Februari 2012

Peta dan Skema Kegiatan Ibadah Haji

Untuk memberi gambaran lingkup pergerakan jamaah haji saat inti kegiatan haji: tanggal, lokasi, kegiatan dan pakaian dapat dilihat pada skema kegiatan Ibadah Haji  . Kegiatan pokoknya adalah sbb:
1. Wukuf di Arofah (lihat daerah di sekitar Jabal Rahmah)
2. Mabit di Musdalifah ( daerah antara Arofah dan Mina)
3. Jamarat, bolak-balik antara Perkemahan Mina dan Jamarat
4. Mekah (Tanazul dan Thowaf Ifadloh)



Agar tidak mengalami hal yang saya alami, ketika melakukan tanazul (pada tgl 11 dzulhijjah , atau pada hari kedua di Mina, setelah jumroh aqobah langsung menuju ke Mekah untuk melakukan Thowaf Ifadloh), kami berempat (karena tidak tahu jalan) dari Jamarat  ke masjidil haram naik taksi pergi pulang dengan  harga yang sangat-sangat mahal. Dan itupun menjelang sampainya di Mina, masih tetap harus jalan kaki, karena ruas jalan menuju ke Mina ditutup untuk mengakomodir pejalan kaki yang meluber. Bayangkan dari Jamarat ke Masjidil Haram naik bus umum perorang kena tarif SAR 20, naik taksi dari Masjidil Haram ke Nakasah kena SAR 150, dan dari Nakasa kembali ke Mina kena tarif SAR 350.  (SAUDI ARABIA RIYAL= SAR, SAR 1 = Rp.2.500,-) Luar biasa mahal! Padahal seandainya saja pada saat itu saya diberitahu (menurut saya menjadi kewajiban Petugas Haji untuk memberitahu), cukup jalan kaki, karena ternyata hanya berjarak sekitar 5 KM.

Tidak ada komentar:

gara-gara akik

Jagoan ketigaku umurnya 8 tahun, kelas 2 Sekolah Dasar. Baru menyenangi akik yang saya beli di Martapura, sewaktu saya pulang bertugas dari ...