Minggu, 01 November 2009

Masa akhir kuliah yang sulit


Sungguh berat beban yang harus ditanggung Bapak-ibuku. Tidak mungkin aku akan bisa menyelesaikan kuliahku kalau tanpa ada altenatip pembiayaan lain. Apalagi di tahap akhir ini perlu tamabahan suntikan untuk pelaksanaan penelitian sebagai bahan skripsi. Alhamdulillah dengan segala usaha, aku dapatkan alternatip tersebut: Bea siswa Ikatan Dinas, dan Penelitian nebeng ke Penelitian Dosen.

Berat nian.....tapi akhirnya selesai juga dalam waktu lebih dari 6 (enam) tahun. Wisuda dihadiri keluarga dan calon isteri.

Bukannya kapok, aku kuliah lagi setelah 5 tahun bekerja, melanjutkan ke jenjang S2. Krisis ekonomi kala itu, aku memanfaatkan tabunganku. Daripada nganggur gak ada proyek, mending aku ngelanjutin kuliah. Tiga semester awal lancar, seluruh mata kuliah telah selesai. Giliran akan penelitian untuk thesis, bekal sudah habis.Wufffffff kesulitan yang harus segera aku tangani.

Terpaksa harus bekerja dan menabung kembali. Untung perekonomian sudah recovery, proyek sudah mulai bermunculan, dan aku mendapatkan posisi. Setelah dua kali ikut proyek, akhirnya aku mendapatkan bekal kembali. Dan.....thesis akhirnya dapat aku selesaikan, S2 memerlukan waktu 4 (empat) tahun. Wisuda dihadiri keluarga dan 2 orang jagoan kecil.

Tidak ada komentar:

gara-gara akik

Jagoan ketigaku umurnya 8 tahun, kelas 2 Sekolah Dasar. Baru menyenangi akik yang saya beli di Martapura, sewaktu saya pulang bertugas dari ...